Pantai Pulau Merah Banyuwangi: Menikmati Keindahan Alam dan Surfing di Ujung Timur Jawa

foto: https://www.instagram.com/muchson_ali/


Banyuwangi, sebuah kabupaten di ujung timur Jawa, terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah. Pantai ini terkenal karena keindahan alamnya yang mempesona dan memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih.


Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini juga mirip dengan Pantai Kuta di Bali, potensi ombaknya sangat cocok untuk tempat berselancar.


Sejarah Pulau Merah

foto: https://www.instagram.com/malangadventureservice/

Pantai Pulau Merah yang dulunya bernama Pantai Ringin Pitu ini dikenal karena memiliki bukit hijau kecil dengan pantai sepanjang 200 meter dan tanah yang berwarna kemerahan terdapat di dekat bibir pantai. Bukit hijau nan indah ini dapat dicapai dengan berjalan kaki saat air laut sedang surut. Di sana juga terdapat Pura yang bernama "Pura Tawang Alun" di mana warga Hindu melakukan upacara Mekiyis.


Pantai Pulau Merah, yang sering disebut sebagai "Pulo Merah" oleh masyarakat lokal, terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Meskipun dinamakan "Pulau Merah", tempat wisata di Banyuwangi ini sebenarnya memiliki hamparan pasir putih kecoklatan. Namun, pada saat musim kemarau, pantai ini akan terlihat kemerahan.


Apa keunikan Pulau Merah?

Baca juga: Gunung Semeru: Harga Tiket & Spot Foto Terbaik

Pantai Pulau Merah Banyuwangi memiliki keunikan pada sebuah bukit kecil yang terletak tak jauh dari bibir pantai. Bukit setinggi 200 meter dengan warna kemerahan inilah yang menyebabkan pantai tersebut dikenal sebagai Pantai Pulau Merah. Bukit ini diselimuti oleh tumbuhan hijau yang dapat menutupi warna merahnya. Selain itu, terdapat bebatuan karang yang berada di sekitar bukit kecil ini. Di sore hari, Anda dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam di Pantai Pulau Merah. Keindahan matahari terbenam di pantai ini terbilang indah. Area sekitar pantai juga bersih dengan tekstur pasir yang halus.

Selain keindahan sunset yang luar biasa, Pantai Pulau Merah ternyata juga menjadi surga selancar dunia di Pulau Jawa. Ombaknya yang mencapai empat hingga lima meter sangat cocok bagi para peselancar dari berbagai tingkat keahlian. Sambil menaklukkan ombak, para peselancar bisa menikmati pemandangan indah pegunungan hijau dan angin sejuk. Pantai ini memiliki panjang 3 kilometer dengan pasir putih yang indah dan dihiasi oleh sebuah bukit kecil yang berwarna merah. Bukit ini diselimuti oleh tumbuhan hijau yang dapat menutupi warna merahnya. 


Di sore hari, Anda dapat menyaksikan keindahan sunset yang memukau di Bulan Mei hingga Desember adalah waktu yang tepat bagi para peselancar untuk berkunjung ke pantai ini, karena pada saat itu cuaca dan ombak terbilang ideal untuk berselancar. Namun, pada bulan lain seperti Januari hingga April, Anda tetap dapat menikmati keindahan dan pesona Pantai Pulau Merah meski tidak bisa berselancar. Selain itu, ada fenomena unik lain yang bisa dieksplorasi di sini, yaitu saat pelepasan 1.000 anak penyu oleh Bupati Banyuwangi.


Pantai Pulau Merah di Banyuwangi merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Jawa Timur. Pantai ini menjadi tempat favorit untuk dikunjungi bersama keluarga, menikmati senja dan angin pantai yang khas, berfoto, bermain pasir, berjemur, dan melakukan banyak kegiatan lainnya.


Jika Anda berbicara tentang Pantai Pulau Merah Banyuwangi, di bawah ini terdapat informasi dan ulasan yang menarik. Nikmati liburan yang tak terlupakan di Banyuwangi dengan menjelajahi keindahan alam dari Pantai Pulau Merah. Ada banyak kegiatan yang menyenangkan yang direkomendasikan untuk dijelajahi saat berwisata di pantai Banyuwangi yang indah ini.


Harga Tiket Masuk ke Pantai Pulau Merah

foto: https://www.instagram.com/yaqin.ainoel/

Berapa harga tiket masuk Pulau Merah?

Anda dapat mengunjungi destinasi wisata alam Pantai Pulau Merah Banyuwangi dengan biaya retribusi yang terjangkau. Anda dapat menjelajahi spot dan keindahan alam Pantai Pulau Merah dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 8.000 per orang.


Sangat terjangkau, bukan? Nikmati keindahan dan spot wisata terbaik dari Pantai Banyuwangi ini bersama orang-orang tercinta.


Biaya tambahan yang harus Anda keluarkan ketika mengunjungi tempat piknik di Banyuwangi ini adalah biaya parkir kendaraan. (Harga tiket masuk objek wisata alam Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Jawa Timur dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu).


Wisatawan dapat mengunjungi pantai yang indah di Banyuwangi ini kapan saja, karena Pantai Pulau Merah dibuka untuk umum setiap hari dengan jam operasional dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB. Nikmati keindahan alam dengan panorama terbaiknya, dan refresh diri dari rasa jenuh dan penat dengan menjelajahi spot menarik di dalamnya.


Alamat dan Rute ke Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah adalah objek wisata alam yang populer di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Akses jalan yang baik akan memudahkan perjalanan menuju pantai ini. Anda dapat menjelajahi sudut-sudut menarik di Pantai Pulau Merah bersama keluarga untuk mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan. Pantai ini dinamai "Pulau Merah" karena terdapat pulau kecil dengan pasir pantai berwarna kemerahan di sekitarnya. Lokasinya terletak di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.


Rekomendasi Penginapan Pulau Merah

Jika Anda mencari penginapan yang nyaman dan terjangkau di sekitar Pantai Pulau Merah, berikut adalah daftar 8 rekomendasi penginapan yang bisa dipilih.


Red Island Villa

pegipegi.com


Red Island Villa adalah salah satu penginapan yang populer dan menarik untuk dikunjungi dekat Pantai Pulau Merah. Biayanya mulai dari Rp 288.000 per malam. Penginapan ini terletak sangat dekat dengan pantai, sehingga Anda hanya perlu menyeberang untuk mencapai tempat wisata. 

Red Island Villa terletak di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Fasilitas lengkap dan pelayanan yang ramah akan membuat pengunjung merasa nyaman selama menginap di sini.

Java Turtle Homestay


Java Turtle Homestay juga merupakan pilihan penginapan yang dekat dengan Pantai Pulau Merah. Terletak di Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, homestay ini terkenal dengan suasana yang nyaman dan kebersihan yang terjaga dengan baik. 


Cocok untuk dijadikan tempat menginap bersama keluarga atau teman-teman. Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas seperti AC dan air panas. Java Turtle Homestay bisa menjadi pilihan yang tepat saat berlibur ke Pulau Merah.


Wisma Pulau Merah

traveloka.com


Ketika berkunjung ke Pulau Merah, pilihlah menginap di Wisma Pulau Merah sebagai pilihan yang tepat. Penginapan ini cukup populer di kalangan wisatawan dan terletak di Jalan Pantai Pulau Merah, Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Hotel ini memiliki rating bintang 2 dan tarif menginapnya dimulai dari Rp 290.000 per malam. Anda akan disuguhkan dengan pelayanan yang sangat baik serta fasilitas yang lengkap.

One South by Amithya


One South by Amithya dikenal sebagai salah satu penginapan yang populer di Pulau Merah. Lokasinya di Jalan Sumberagung Pesanggaran, Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kota Banyuwangi, Jawa Timur. 


Penginapan ini menawarkan fasilitas lengkap dengan harga mulai dari Rp 366.000 per malam. Para tamu hotel akan merasa senang dengan desain kamar yang menarik. Selain itu, Anda juga dapat menikmati suasana nyaman serta pemandangan indah dari penginapan ini.


Pondok Wisata Rumah Mertua Cottage


Salah satu penginapan yang populer dan direkomendasikan di Pulau Merah adalah Pondok Wisata Rumah Mertua Cottage. Terletak di Jalan Pantai Pulau Merah, Sumberagung, Pesanggaran, Dusun Pancer, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.


Tarif menginap di cottage ini dimulai dari Rp 1.470.000,-. Pengunjung akan mendapatkan fasilitas AC, tempat parkir yang luas, kamar tidur yang bersih, serta lokasi yang dekat dengan Pantai Pulau Merah. Suasana nyaman, tenang, dan pemandangan yang menakjubkan akan memanjakan pengunjung.


Merah Island Jessi's Beach Homestay


Saat berlibur di Pulau Merah, sebaiknya menginap di Merah Island Jessi's Beach Homestay. Penginapan ini menawarkan berbagai fasilitas lengkap seperti kolam renang, restoran, dan wi-fi gratis. 


Tarif menginap dimulai dari Rp 1.470.000,-. Merah Island Jessi's Beach Homestay terletak di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Penginapan ini merupakan pilihan tepat untuk berlibur di Pulau Merah Banyuwangi.


Mojo Surf Camp Red Island

tripadvisor.com


Kunjungi Pulau Merah dan nikmati liburan yang menyenangkan dengan menginap di Mojo Surf Camp Red Island. Penginapan ini memiliki rating bintang tiga dan berlokasi di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Tarif menginap dimulai dari Rp 550.000,- per malam dengan fasilitas dan pelayanan yang ramah. Selain itu, desain bangunan penginapan juga menarik perhatian pengunjung.

Homestay Panjul Pulau Merah


Homestay Panjul Pulau Merah adalah pilihan penginapan menarik yang terletak di Jalan Pantai Pulau Merah, Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Biaya menginap di sini dimulai dari Rp 1.470.000,- dengan berbagai fasilitas seperti kamar yang bersih dan wi-fi gratis. Menginap di homestay ini saat berkunjung ke Pulau Merah adalah pilihan yang tepat.


Itulah beberapa rekomendasi penginapan menarik di Pulau Merah yang bisa Anda kunjungi. Saat berkunjung ke Pulau Merah, pilihlah penginapan yang paling menarik sesuai dengan kebutuhan Anda.


Fasilitas di Pantai Pulau Merah


Objek wisata alam Pantai Pulau Merah menawarkan keindahan dengan spot anti mainstream yang direkomendasikan untuk Anda jelajahi. Liburan bersama keluarga tercinta di Kabupaten Banyuwangi tidak akan lengkap jika Anda melewatkan pesona alam Pantai Pulau Merah.


Berikut beberapa fasilitas menarik yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke pantai Banyuwangi ini:

  • Area parkir kendaraan wisata yang luas di Pantai Pulau Merah
  • Pusat informasi
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Warung jajanan
  • Rumah makan
  • Penginapan
  • Camping ground
  • Spot foto instagenic
  • Wahana permainan menarik
  • Sunset view point

Nikmati liburan seru di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur dengan menjelajahi keindahan serta spot terbaik yang disajikan oleh Pantai Pulau Merah.

Spot Wisata di Pantai Pulau Merah

foto: https://www.instagram.com/malangadventureservice/

Keindahan alam yang ditawarkan oleh Pantai Pulau Merah akan memukau siapa saja yang mengunjunginya. Selain menikmati panorama terbaik dengan sudut instagenic di Pantai Pulau Merah, jangan lewatkan aktivitas seru lainnya.


Liburan di tempat ini wajib bermain air dan bermain dengan pasir pantainya yang unik. Hobi berselancar? Ombak yang cukup tinggi di Pantai Pulau Merah sangat direkomendasikan untuk aktivitas berselancar. Jangan lewatkan aktivitas hunting foto yang menarik, banyak spot instagenic dari Pulau Merah yang hits untuk berfoto.


Dapatkan foto terbaik untuk mengisi feed media sosial dan mengabadikan momen liburan Anda di Banyuwangi, Jawa Timur. Setelah puas bermain dan menjelajahi spot wahana menarik dari Pantai Pulau Merah, nikmati kuliner seafood lezat dan rencanakan untuk berkemah di tempat ini.


Tips berkunjung ke Pantai Pulau Merah:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah di pagi dan sore menjelang malam.
  • Rencanakan aktivitas berkemah dan siapkan kebutuhan selama menginap.
  • Bawa uang lebih saat berlibur, gunakan pakaian terbaik dan pastikan siapkan kamera untuk berburu momen di Pantai Pulau Merah.
  • Selalu berhati-hati saat berwisata di alam, jaga kebersihan dan keindahannya agar tetap lestari.

Semoga ulasan wisata Pantai Pulau Merah di atas dapat membantu perjalanan liburan Anda saat berakhir pekan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.








Sumber:

Sikidang.com

Gotravelly.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama