Kota Malang: Destinasi Wisata yang Menawan dengan Pantai Goa Cina sebagai Primadona Baru!

 

Pantai Goa Cina Malang Jawa Timur

            Kota Malang memang menjadi surga bagi para wisatawan dengan kekayaan potensi pariwisatanya yang luar biasa. Dari gunung yang megah, air terjun yang menakjubkan, perbukitan yang indah, hingga berbagai jenis pantai dengan pesonanya masing-masing.


Tak dapat dipungkiri, Kota Malang menyimpan banyak pantai indah yang memikat hati. Salah satunya adalah Pantai Goa Cina, juga dikenal dengan nama Pantai Rowo Indah. Legenda menyebutkan bahwa sekitar 20 tahun yang lalu, seorang pertapa asal Cina meninggal dunia di dalam gua di pantai tersebut. Maka, masyarakat pun mengenal pantai ini dengan sebutan Pantai Goa Cina.


Pantai Goa Cina telah menjadi primadona baru di kalangan wisatawan pantai, dan kini menjadi tujuan populer yang dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai kota. Terletak di daerah selatan Kota Malang, tepatnya di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Selatan, pantai ini masih mempertahankan keasliannya dengan air laut biru jernih dan pasir putih yang halus.


Lokasi wisata pantai ini berjarak sekitar 7 km dari Pantai Bajul Mati, dengan perjalanan yang hanya memakan waktu sekitar 15 menit. Meskipun akses menuju pantai ini relatif mudah, pengunjung tetap perlu berhati-hati karena terdapat jalan berkelok. Pantai Goa Cina memiliki tiga pulau menawan di dalamnya, yaitu Pulau Bantengan, Goa Cina, dan Nyonya.


Asal nama "Goa Cina" sendiri berawal dari adanya goa yang terletak di bukit karang di sebelah barat pintu masuk pantai. Konon, goa ini digunakan oleh seorang pemuda Tionghoa bernama Hing Hook untuk bersemedi hingga akhir hayatnya.


Perjalanan dari Kota Malang ke Pantai Goa Cina memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Pantai yang masih perawan ini hanya berjarak sekitar 6 km dari Pantai Sendang Biru di sebelah barat.


Nikmati Pesona Pantai Goa Cina dengan Harga Tiket Masuk Terjangkau!


terdapat gua di sekitar pantai
Foto : google maps/evada el ummah khoiro


Tiket masuk ke kawasan pantai ini cukup terjangkau. Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya parkir jika pengunjung membawa kendaraan pribadi.


Harga Tiket Masuk:


• Tiket Masuk : Rp. 15.000,-


Jam Buka:

Kawasan wisata ini buka selama 24 jam, sehingga pengunjung diperbolehkan untuk berkemah di pantai. Namun, beberapa pengunjung melaporkan bahwa pantai ini tutup saat liburan lebaran selama 3 hari, sebelum kembali dibuka untuk umum.


Jam Operasional:


• Senin - Minggu: 24 Jam


Baca juga: 

Pemandian Patemon Tanggul: Destinasi Wisata Ramah Anak dan Keluarga di Jember
Jelajahi Keindahan Baloga Batu Love Garden di Malang: Destinasi Seru untuk Keluarga
Menikmati Pesona Pantai Watu Leter: Surga Tersembunyi di Jawa Timur



Beragam Aktivitas Menarik di Pantai Goa Cina

Selain keindahan alam pantainya yang memikat banyak wisatawan, Pantai Goa Cina juga menawarkan berbagai kegiatan menarik bagi pengunjung. Beberapa aktivitas wisata yang bisa dinikmati di pantai ini antara lain:


1. Menikmati Keindahan Matahari Terbit dan Matahari Terbenam


menikmati ke indahan sunset di pantai goa malang
Menikmati sunset di pantai goa cina malang


Salah satu daya tarik utama tempat wisata ini adalah pemandangan matahari terbit yang memukau. Tidak semua pantai bisa menawarkan pengalaman serupa dengan yang ditawarkan oleh Pantai Goa Cina.


Matahari terbit di pantai ini terlihat begitu jelas dan memukau dibandingkan pantai-pantai lainnya. Untuk menikmati pemandangan matahari terbit, pengunjung disarankan tiba di area pantai sebelum pukul 04.30. Jika memungkinkan, berkemah di pinggir pantai juga merupakan pilihan yang baik agar tidak terlewatkan momen indah tersebut.


Keindahan matahari terbenam di Pantai Goa Cina juga tak kalah menakjubkan dengan pemandangan di Kuta Bali. Bahkan, beberapa pengunjung mengklaim bahwa pemandangan matahari terbenam di pantai ini adalah yang terbaik. Jadi, pengunjung tidak perlu pergi jauh-jauh ke Bali untuk merasakan sensasi menikmati matahari terbenam yang memukau.


2. Berkemah di Sekitar Pantai Goa Cina


berkemah di sekitar pantai goa
Berkemah di sekitar pantai Goa Foto: google maps/ Adnan Buyung

Pantai Goa Cina memberikan izin kepada pengunjung yang ingin berkemah. Di pantai lain, mungkin dikenakan biaya tambahan untuk berkemah, tetapi di Pantai Goa Cina ini tidak. Pengunjung dapat berkemah secara gratis di sekitar area pantai.


Bagi pengunjung yang ingin berkemah secara spontan, tidak perlu khawatir. Di sekitar kawasan wisata ini, terdapat penyewaan tenda yang memungkinkan pengunjung untuk menyewa tenda dengan harga rata-rata mulai dari Rp. 100.000, tergantung ukuran tenda yang dipilih.


Pihak pengelola pantai juga memberikan izin kepada pengunjung yang ingin membuat api unggun atau membakar ikan. Namun, pengunjung diharapkan menjaga kebersihan pantai selama berkemah.


3. Menjelajahi Gua


Pengunjung diperbolehkan menjelajahi goa yang ada di Pantai Goa Cina. Biasanya, untuk masuk ke dalam gua, akan dikenakan biaya tambahan. Di depan pintu masuk gua, terdapat penjelasan mengenai asal-usul nama Goa Cina.


Namun, pengunjung perlu mematuhi beberapa peraturan yang berlaku, seperti larangan bagi wanita yang sedang menstruasi untuk masuk ke dalam gua.


Selain itu, pengunjung juga diwajibkan menjaga kelakuan dan berbicara dengan sopan. Mengingat kondisi gua yang gelap, pengunjung perlu berhati-hati agar tidak terjatuh atau tersandung saat menjelajahinya.


4. Piknik di Area Karang


Di Pantai Goa Cina, pengunjung juga bisa menikmati piknik yang menyenangkan. Warung-warung di sekitar pantai menyediakan tikar untuk duduk bersantai. Jika pengunjung tidak membawa makanan sendiri, warung-warung tersebut juga menyediakan berbagai makanan dan minuman yang bisa dinikmati.


Menu yang ditawarkan antara lain es degan, ikan bakar, dan lain-lain. Harga makanan bervariasi tergantung dari warung yang dipilih. Pengunjung diharapkan untuk membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan pantai.


Piknik di pantai ini tidak hanya terbatas di pasir pantai saja, tetapi juga bisa dilakukan di sekitar karang. Menikmati makanan sambil mendengarkan deburan ombak akan memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan.


Perlu diperhatikan bahwa berenang di pantai ini tidak diperbolehkan karena ombaknya yang cukup besar. Pengunjung disarankan untuk bermain di tepi pantai. Saat air laut surut, pengunjung dapat mencari kerang dan ikan kecil sebagai aktivitas tambahan.


Selain menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, Pantai Goa Cina juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, antara lain:


• Masjid Jabal Nur
• Toilet
• Musala
• Warung makanan dan minuman
• Penyewaan tenda
• Penyewaan tikar


Lokasi Pantai Goa Cina


Pantai Goa Cina terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Lokasinya dapat diakses melalui Jalur Lintas Selatan (JLS). Jalanan menuju pantai ini sudah diaspal dengan baik sehingga semua jenis kendaraan dapat melintas. Namun, pengunjung perlu berhati-hati karena jalanan yang berkelok dan dikelilingi oleh jurang.



Dengan keindahan alamnya yang menawan dan beragam aktivitas wisata yang ditawarkan, Pantai Goa Cina menjadi destinasi yang tidak boleh dilewatkan bagi para wisatawan yang mengunjungi Kota Malang.







Post a Comment

Lebih baru Lebih lama