Goa Dayeuh Karawang: Keajaiban Alam dan Sejarah di Balik Cekungan Goa

Destinasi Wisata Alam Goa Dayeuh Karawang sangat cocok untuk dikunjungi pada saat liburan akhir pekan bersama keluarga, sahabat, maupun pasangan tercinta.

Goa Dayeuh Karawang: Keajaiban Alam dan Sejarah di Balik Cekungan Goa
Destinasi Wisata Alam Goa Dayeuh Karawang /karawangpost/Instagram/@eddy_nalapraya 

Ada banyak cara untuk menghabiskan waktu pada akhir pekan, salah satunya adalah dengan berlibur dan melakukan perjalanan ke tempat favorit atau rekreasi ke destinasi wisata yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Mengunjungi tempat-tempat wisata telah menjadi agenda rutin bagi sebagian orang untuk melepaskan penat yang disebabkan oleh kesibukan bekerja.

Goa Dayeuh adalah salah satu destinasi wisata alam di Karawang yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi pada liburan akhir pekan kali ini.

Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang mencari udara sejuk dengan pemandangan batu kapur yang menakjubkan dan hijaunya pepohonan.

Tidak hanya menawarkan panorama yang indah, tempat wisata ini juga merupakan tempat yang sempurna untuk berfoto selfie. Ketika Anda berada di Wisata Goa Dayeuh, Anda dapat menikmati pemandangan luas pepohonan hijau yang menyegarkan mata.

Dengan keindahan alam yang menakjubkan dan udara yang sejuk, Anda akan menikmati semilir angin yang membuat siapa pun betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk


Goa Dayeuh terletak di Karawang, tidak jauh dari ibu kota Karawang. Untuk mencapai lokasi ini, Anda hanya perlu melakukan perjalanan sekitar 15 menit dari gerbang tol Karawang Barat.

Untuk dapat mengunjungi tempat wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp5.000 saja. Selain itu, terdapat biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Jika Anda dari luar kota Karawang dan memerlukan bantuan dalam menentukan rute menuju tempat wisata melalui google maps.

Kami dapat menampilkan rute ke tempat wisata Goa Dayeuh melalui peta di bawah ini :



7 Fakta Menarik Goa Dayeuh

Goa Dayeuh Karawang: Keajaiban Alam dan Sejarah di Balik Cekungan Goa
Goa Dayeuh Karawang. (Foto: Instagram @nanihandayani2806)


Selain menawarkan keindahan alam yang memukau, Goa Dayeuh juga menyimpan sejumlah fakta menarik di dalamnya.

Ingin tahu? Berikut adalah 8 fakta menarik tentang Goa Dayeuh Karawang yang telah kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Tempat Pelantikan Bupati Karawang Raden Anom Wirasuta

Goa Dayeuh memiliki hubungan yang erat dengan sejarah berdirinya Kabupaten Karawang. Banyak sumber yang menyebutkan bahwa Bupati Karawang yang kedua, yaitu Raden Anom Wirasuta, putra dari Adipati Singaperbangsa, dilantik di Goa Dayeuh Citaman Pangkalan.

2. Habitat Kera Ekor Panjang

Goa Dayeuh juga menjadi habitat bagi puluhan kera ekor panjang yang tinggal di pepohonan dan tebing curam goa. Pengunjung akan terhibur dengan tingkah polah lucu para monyet yang hidup dalam keadaan liar. Bahkan terkadang mereka berani turun dari pohon yang tinggi dan mendekati pengunjung untuk meminta makanan. Saat ini, populasi kera di sekitar Goa Dayeuh mencapai sekitar 40 ekor.

3. Goa Paseban Banyak Dikunjungi Peziarah

Salah satu goa yang paling populer dikunjungi di kawasan Goa Dayeuh adalah Goa Paseban. Goa ini memiliki ruangan yang sangat luas dan sering dikunjungi oleh peziarah dari kalangan masyarakat tradisional Karawang dan Bekasi. Goa ini telah dijaga secara turun-temurun oleh seorang kuncen (juru kunci) selama tiga generasi.

4. Menikmati Senja di Bukit Guday

Bagi para pengunjung yang telah menikmati keindahan lembah yang sejuk di Kawasan Goa Dayeuh, mereka juga dapat menikmati panorama senja di atas perbukitan. Dengan berjalan kaki selama sekitar 10 menit, kita akan mencapai puncak Bukit Guday (Goa Dayeuh).

Di tempat ini, kita dapat menyaksikan keindahan perbukitan Karawang Selatan, tebing-tebing batu kapur yang memukau, matahari terbenam senja, dan hembusan angin sore yang menyegarkan.

Tidak hanya itu, bagi para pecinta selfie, mereka juga dapat berfoto dengan latar belakang eksotis dari tebing-tebing bukit kapur.

5. Perbukitan Pangkalan Berasal dari Terumbu Karang

Menurut ahli geologi, batuan yang terdapat di sekitar Goa Dayeuh Pangkalan memiliki usia sekitar 10-15 juta tahun yang lalu, berupa batu gamping terumbu. Pada masa itu, daerah Pangkalan merupakan lautan dangkal yang ditumbuhi oleh terumbu karang. Seiring waktu, terumbu karang tersebut terangkat ke permukaan laut dan berubah menjadi wilayah perbukitan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di sekitar Goa Dayeuh kita dapat menemukan banyak fosil moluska atau kerang laut.

6. Bahan Plester Candi Batujaya Diambil dari Perbukitan Pangkalan

Perbukitan Pangkalan memiliki hubungan dengan Komplek Percandian Batujaya yang ada pada masa Kerajaan Tarumanagara, yang dibangun pada abad ke-5 Masehi. Menurut para ahli, bata merah yang digunakan dalam pembangunan Percandian Batujaya dapat bertahan lama karena dilapisi dengan kapur bakar yang berasal dari Perbukitan Pangkalan.

7. Goa di dalam Goa

Kawasan Goa Dayeuh merupakan sekumpulan goa yang terletak di dalam sebuah goa vertikal atau rongga besar dengan diameter sekitar 300 meter dan kedalaman sekitar 150-200 meter, yang terbentuk melalui proses geologi.

Di dalam kawasan ini terdapat beberapa goa purba yang memiliki nilai sejarah, antara lain Goa Paseban, Goa Keraton, Goa Istal, Goa Inten, dan goa lainnya.

8. Hutan Purba

Di dalam cekungan Goa Dayeuh, terdapat hutan yang lebat dengan keberagaman tumbuhan dan pohon-pohon besar yang memiliki vegetasi yang berbeda dengan daerah sekitarnya.

Di dalam hutan eksotis ini, kita dapat menemukan pohon-pohon besar yang telah berusia ratusan bahkan mungkin ribuan tahun dan tetap kokoh berdiri. Para ahli menyebutnya sebagai hutan purba yang masih terjaga dengan baik karena terlindungi di dalam cekungan goa.

Demikianlah informasi mengenai destinasi wisata alam Goa Dayeuh Karawang yang cocok untuk dikunjungi pada liburan akhir pekan bersama keluarga, sahabat, maupun pasangan tercinta. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama